PENGELUARAN RUMAH TANGGA NELAYAN PANCING DAN KAITANNYA DENGAN KEMISKINAN DI KECAMATAN KABILA BONE, KABUPATEN BONE BOLANGO

  • Asruddin Asruddin Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Nimawati Syariah 12Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Keywords: Nelayan Pancing, Kemiskinan, Pegeluaran Rumah Tangga

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pengeluaran rumah tangga nelayan pancing yang dikaitkan dengan kemiskinannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango mulai bulan Agustus sampai dengan Desember 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah survai dengan sampel 32  rumah tangga nelayan sebagai responden yang dipilih secara simple random sampling  sesuai dengan tujuan penelitian menggunakan daftar pertanyaan sebagai alat pengumpulan data. Data dianalisis dengan menghitung pengeluaran rumah tangga dan mengaitkannya dengan pendekatan garis kemiskinan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran rumah tangga untuk bahan makanan sebesar Rp 1.196.875,-/bln atau sebesar 61,63%, dengan rata-rata pengeluaran pangan perkapita adalah Rp 436,254,-/bln. sedangkan rata-rata pengeluaran rumah tangga non makanan sebesar Rp 745.313,-/bln atau sebesar 38, 37%.. Sementara itu rata-rata total pengeluaran rumah tangga perbulan adalah sebesar Rp 1.942.188,-/bln  dengan rata-rata total pengeluaran rumah tangga perkapita sebesar Rp 720.644,-/bln. Terkait dengan garis kemiskinan yang ditinjau dari  kriteria garis kemiskinan yang ditetapkan oleh Sajogyo, maka di Kecamatan Kabila Bone tidak terdapat rumah tangga nelayan pancing yang berada di kategori rumah tangga paling miskin, untuk kategori rumah tangga miskin sekali terdapat sebanyak 9,38%, untuk kategori rumah tangga miskin sebanyak 21,88% dan yang termasuk bukan kategori rumah tangga miskin adalah sebesar 68,75%.

Kata Kunci : Pengeluaran  Rumah Tangga, Nelayan Pancing, Kemiskinan

Published
2020-01-31
Section
Research Articles